Terkena Phising Email Google

Beberapa waktu lalu saya dapat email di akun Google, dengan subject email Gmail New Policy. Berikut isi dari email tersebut:

With the new year policy, all accounts not registered/verified will be suspended by the end of the month. We are sorry for the in conveniences but with the increase in accounts daily, we are trying to serve you better.

Lalu ada link bertuliskan Verify Account.

Ketika awal membaca email ini, saya kaget dan cukup paranoid, karena memang pesannya cukup meyakinkan bagi orang yang sedang kaget dan ditambah lagi, beberapa bulan lalu saya sudah kehilangan akun Google utama saya karena dibanned oleh Google. Tapi untungnya saya adalah orang yang lumayan akrab dengan dunia IT, saya bisa agak tenang menghadapi ini, hehe.
Pertama, saya lihat siapa pengirimnya. Ternyata pengirimnya adalah info@info.net ! Nggak ada unsur Google-nya. Mana ada Google mengirim email resmi dengan email tersebut. Alhamdulillah, hanya phising email.. : D

Dan saya coba buka link verifikasi akun palsu ini, lalu langsung terbuka halaman login Gmail, namun di address bar tertulis alamat http://photobolha.com.br/site/Login.html, sebuah website Brazil.
Halamannya tersebut serupa dengan halaman login Gmail. Kalo orang yang nggak tahu dan panik, kemungkinan besar akan langsung saja mengetikan username-nya dan password-nya. Halaman betul-betul serupa, kecuali alamat di address bar saja. Phising memang kejam kawan!

Pesannya adalah, jika mendapat email-email atau apapun semacam itu, cobalah untuk tenang, dan ingat-ingat kita pernah melakukan apa saja dengan akun tersebut. Lalu coba secara teliti perhatikan, apakah ada kejanggalan atau tidak. Modus phising ini cukup populer dan cukup ampuh. Saya pun pernah melakukannya, dan memang efektif : D

Banyak jenis modus phising ini, selain email, ada phising website, phising PIN message di Blackberry, phising phone, phising mail, dan lain-lain. Intinya, dalam berinternet, kita harus selalu waspada, terlebih apabila sesuatu yang kita jaga itu sangat berharga atau rahasia.

*definisiku tentang phising: memalsukan sesuatu yang asli atau resmi dengan yang palsu atau tidak resmi.

Posted with WordPress for BlackBerry.