Sedikit Tips-Trik Tentang Email

Kemarin saya sempat menulis ini di Twitter saya di @ibad_satria, yaitu beberapa hal yang sifatnya trivial mengenai email, khususnya google mail alias gmail.

  1. Email itu tidak case-sensitive alias ga peduli mau nulisnya pake huruf besar atau kecil. Bahkan penulisan gaya ABG pun diperbolehkan. Jadi menulis djoko@yahoo.com dan DJOKO@YAHOO.com atau djOKO@yAhoO.com, akan sama-sama terkirim ke alamat yang sama. Namun saya lebih menyarankan untuk menuliskan alamat email dengan huruf kapital semua, agar tidak terjadi kerancuan.
  2. Khusus di gmail, dimanapun menaruh titik pada alamat email, tidak akan masalah, tetap terkirim ke alamat yang sama kok. Jadi, mengirim ke salman.kan@gmail.com atau ke salmankan@gmail.com, atau bahkan mengirim ke s..al.m.a.n.k.a.n@gmail.com pun tetap terkirim ke alamat yang sama. Tapi saya belum pernah dengar google menjelaskan hal ini. Saya dapat ini dari hasil coba-coba dan mengobrol dengan teman.
  3. Apabila mendaftarkan diri ke sebuah akun, misal mendaftar ke Twitter.com, kita akan diminta mengisi alamat email kita. Namun apabila email kita sudah pernah terdaftar, sistem akan menolak kita menggunakan alamat email tersebut. Namun ada cara mengakalinya. Misal, kita punya alamat email baba@gmail.com, namun ternyata dulu kita pernah mendaftarkan baba@gmail.com itu ke Twitter.com tersebut. Kita bisa tetap menggunakan baba@gmail.com untuk mendaftar lagi, namun dengan sedikit penambahan kata yang dipisahkan oleh tanda plus ‘+’. Contoh: baba+buattwitter@gmail.com. Aku pikir masih bisa.