Tool Untuk Task Management: Asana

Teambox dan Redmine adalah project management tool yang saya sudah cukup akrab dengan mereka. Keduanya merupakan tool yang baik untuk berkoordinasi dengan anggota tim dalam sebuah project. Tapi keterbatasan cukup berakibat pada tim saya. Redmine, project management tool yang simple tapi powerful, ternyata membutuhkan server untuk hosting. Sedangkan Teambox, walau cloud, masih dibatasi oleh maksimal 3 buah project. Sedangkan saya sedang menghadapi lebih dari 3 project : D
Baru kemarin saya diperkenalkan oleh anggota tim sebuah task management tool, Asana. Dari user interface-nya saja sudah eye-catching. Dan ketika melihat ke dalam, ternyata sangat simple, mudah dimengerti. Dibandingkan dengan tools yang sebelumnya kami gunakan, Asana ini paling nyaman untuk digunakan.
Dan satu catatan, Asana ini tidak khusus didedikasikan untuk software development project, tapi juga untuk holiday project ataupun arisan project pun pas untuk digunakan, karena sistem navigasinya cukup mudah bagi orang awam sekalipun. Itu menurut saya. Terlebih, saya paling suka dengan fitur comment, mirip Facebook, hehe.
Sayangnya, untuk aplikasi mobile, Asana belum menyediakan untuk Blackberry.

Tapi sebenarnya email atau google docs pun bisa kita optimalkan jika hanya sekadar koordinasi yang sederhana.