Konsumsi Bandwith Facebook

Facebook adalah situs web yang sepertinya saat ini paling populer dibuka. Memang saat ini saya tidak memiliki data mengenai rating Facebook sebagai situs web yang paling sering dibuka, namun saya yakin bahwa situs web ini sering sekali dibuka oleh kebanyakan orang, termasuk pegawai kantor. Tahukah Anda bahwa situs ini mengonsumsi bandwith yang besar sekali? Kali ini saya akan memperlihatkan besarnya konsumsi bandwith Facebook dengan menggunakan tool listener jaringan, wireshark

Penjelasan sedikit: wireshark adalah sebuah software/tool yang dapat digunakan sebagai listener paket yang lewat jaringan kita ataupun komputer kita. Mungkin Anda mengenal program tcpdump. wireshark hampir memiliki fungsi yang mirip dengan tcpdump. Wireshark disediakan untuk beberapa OS (linux, windows, Mac, dll).

Saya mengecek penggunaan bandwith jaringan untuk membuka Facebook dengan cara memastikan bahwa tidak ada lalulintas data pada komputer, kecuali Facebook yang saya buka pada browser (saya buka http://www.facebook.com, lalu login), dan lalu membuka program wireshark. Singkat kata, hasil yang diperlihatkan oleh wireshark adalah bahwa konsumsi bandwith yang digunakan oleh Facebook untuk load dan proses login adalah sebesar 130662 bytes atau 130 KB. cukup besar! Pantas saja keadaan jaringan LAN di IF suka lelet tiba – tiba, karena jika saya lihat sekeliling, ternyata hampir semua orang di lab IF membuka Facebook di browsernya. Bayangkan jika kita dalam sebuah segment itu load http://www.facebook.com, lalu login bersama – sama. Saya rasa segment LAN/VLAN di tiap lab di IF tidak akan sanggup melayani semua, yang mana setiap segment VLAN biasanya 256Kb dengan user yang berjumlah lebih dari sepuluh orang walaupun dengan kecepatan 100Mbps dengan menggunakan wired. bayangkan 10KB * 20 orang! wow!

catatan: Saya tidak memperlihatkan cara menggunaka wireshark karena saya rasa user interface pada wireshark sudah cukup baik, sangat user experience. User yang awam pun pasti bisa menggunakannya dalam waktu singkat belajar.