Mengenai “Near Death Experience”

Near death experience (NDE) adalah suatu pengalaman seseorang ketika dia hampir mengalami kematian. Namun sejauh saya membaca, mendengar, dan mencari cerita – cerita mengenai NDE ini, kebanyakan menceritakan pengalaman seseorang yang hampir mengalami kematian ketika dia sedang mengalami sakit, kemudian tidak sadarkan diri, dan kemudian nyaris atau pun sudah dinyatakan meninggal oleh pemeriksanya, tetapi ternyata dia tidak jadi menginggal.
Menurut saya cerita di atas itu bukan pengalaman seseorang mengalami hampir mati, karena dia tidak merasakannya. Yang namanya pengalaman, pasti dia rasakan. Lain halnya jika kejadian adalah seseorang mengalami NDE ketika dia sedang tidak sadarkan diri, dan ketika dia tidak sadarkan diri, dia mengalami pengalaman – pengalaman bertemu dengan malaikat – malaikat berupa wanita dan berbaju putih – putih, dan orang – orang yang sudah meninggal terlebih dahulu, seperti yang sering diperlihatkan di sinetron – sinetron. Itu sih memang sebuah pengalaman.
Menurut saya, NDE yang sebenarnya adalah ketika seseorang benar – benar menyadari kalau dia memang hampir saja mengalami kematian, bukan berdasarkan cerita orang kalau dia hampir mati. Sebagai contoh: seseorang gagal naik bus antar kota karena terlambat. Kemudian, beberapa lama kemudian orang tersebut menerima kabar bahwa bus yang tadi hampir ditumpanginya mengalami kecelakaan dan semua penumpang meninggal dunia!. Saya rasa yang seperti inilah yang dinamakan pengalaman hampir mengalami kematian, atau near death experience.