Penamaan dalam DBMS (MySQL)

Banyak sekali di antara developer web yang melakukan developing web di atas platform windows, walaupun web akan running di sistem unix. Memang tidak begitu masalah, karena saat ini sudah banyak tools dan software yang flexible yang cross platform. Saya pun termasuk orang yang sering mengerjakan aplikasi web pada Windows kemudian di-deploy di atas web host unix.
Hal tersebut sangat wajar dan memungkinkan. Akan tetapi, ada hal – hal yang perlu diperhatikan jika melakukkan hal ini. Saya pernah mengalami suatu kejadian yang membingungkan akibat bekerja di dua sistem yang berbeda ini.
Teman proyek saya memberikan skema database lengkap untuk proyek web yang sedang dikerjakan. Saya pun melakukan import ke dalam phpmyadmin pada komputer saya. Dan ketika dilihat – lihat, konvensi penamaan tabel – tabel pada database adalah seperti contoh berikut:

Tbl_MhsBaru, Tbl_KeuMhsBaru.

Sungguh sangat membingunkan, karena style penamaannya tidak konsisten. Style-nya, antara java coding style, dan apa style gitu.. (hehe). Pokoknya penamaan semacam ini bukan best practice.
Yang lebih membingunkan adalah ketika saya mulai masuk ke dalam fase coding, saya mulai menggabungkan code dan database. Contoh code:


$query = "SELECT tbl_mhsbaru.nama
FROM tbl_mhsbaru
WHERE tbl_mhsbaru.no_reg=$no_reg";

Kebiasaan saya adalah menulis variabel dalam huruf kecil, kecuali pada bahasa java. Huruf besar digunakan untuk menamai class saja.
Ketika dijalankan di sistem Windows tempat saya melakukan developing, code di atas tidak ada masalah. Masalah terjadi ketika dicoba di web host yang sistemnya unix. Code di atas error pada saat eksekusi, dan mengeluarkan pesan bahwa tabel tbl_mhsbaru tidak terdaftar di dalam database.
Cukup lama saya melakukan troubleshooting, kebingungan. Sekitar setengah jam kemudian saya baru menyadari kalau ternyata tabel tbl_mhsbaru memang tidak ada di dalam database. Yang terdaftar di dalam database adalah tabel Tbl_MhsBaru, karena sistem unix itu case sensitive. Jadi perlu diperhatikan hal – hal semacam ini.
Lebih baik memberi nama pada database maupun tabel di dalamnya huruf kecil semua dan mudah untuk dibaca dan ditulis ulang.