Lagu Berkualitas, Kita Mudah Bosan

Entah hanya pendapat buta saya atau memang kejadian ya. Musik – musik lagu yang bisa dibilang berkualitas itu cepat sekali turun peringkatnya di chart – chart tangga lagu di acara musik TV, acara musik radio, majalah, dan sebagainya. Lain halnya dengan lagu “abal – abal” yang sekarang sedang merajai dunia musik Indonesia (*menarik nafas panjang*), jarang siklus hidup mereka di tangga lagu di acara – acara musik lebih lama dibandingkan lagu – lagu yang berkualitas.

Pendapat awam saya:
Lagu yang berkualitas karena benar – benar enak didengar, sehingga orang memutarnya berkali – kali. Seharian mendegar musik, tetapi yang diputar hanya lagu itu – itu saja, sehingga tidak heran jika orang menjadi cepat bosan dengan lagu berkualitas tersebut, karena keseringan diputar.

Dan berdasarkan pengalaman pribadi saya, lagu berbahasa asing, jika pada mulanya kita nyaman mendengarnya tapi tidak mengerti liriknya, lebih baik jangan mencari tahu liriknya. Sebab jika kita tahu lirik lagu tersebut, kita jadi sering mendendangkan lagu itu terus menerus, atau dalam bahasa asingnya: “sing along”. Karena dulu sekali, saya belum bisa menangkap kata – kata dalam bahasa inggris di dalam sebuah lagu, kemudian saya mencari tahu liriknya. Ketika tahu lirknya, saya menjadi sering melakukan sing along berulang – ulang, akibatnya hanya beberapa hari sejak saya menegtahui lirik lagu tersebut, saya sudah bosan dengan lagu yang pada mulanya menjadi lagu favorit saya.