Crash Pidgin Versi 1.4 (versi jadul)

Sekitar setahun lalu, saya pernah mencoba – coba “kemampuan” Pidgin Internet Messaging 1.4. Saat itu Pidgin versi tersebuat masih disuport oleh yahoo, sekarang versi tersebut sudah kadaluarsa. Pidgin IM terbaru saat ini adalah versi 2.6.6. Saat itu saya mengetes kemampuan buffer dari aplikasi IM tersebut.

Dari komputer yang sama, saya login yahoo messager dari aplikasi yang berbeda, yaitu Pidgin dan Yahoo Messanger dengan dua akun yang berbeda. Dari yahoo saya mengetikan smiley banyak sekali. Mungkin lebih dari ratusan dengan cara copy-paste simbol “:D” secara berulang – ulang. Ketika saya tekan tombol enter, message tidak langsung terkirim, tapi dia seperti hang. Dan akhirnya benar – benar hang. Ketika login kembali dengan Pidgin itu kembali, proses login berhasil dan sepertinya yang tadi itu tidak ada pengaruh apa – apa. Akan tetapi ketika Pidgin tersebut digunakan, di tengah chatting aplikasi tersebut sering mati secara tiba – tiba.

Analisis awam saya adalah, aplikasi IM Pidgin itu selalu tiba – tiba mati karena pada saat saya mengirimkan banyak smiley kepada Pidgin membuat memori komputer yang dialokasikan bagi aplikasi Pidgin ini mengalami overflow,s ehingga menimbulkan crash. Makanya mati – mati saja Pidgin tersebut. Namun sepertinya, jika memori komputernya telah dibereskan (dengan cara defrag kembali, atau bagaimana lah), mungkin akan kembali normal.

Sepertinya pihak Pidgin menyadari juga hal ini. Oleh karena itu pada versi – versi selanjutnya, terutama versi 2.6.6 yang saya gunakan, tidak mengizinkan pengiriman message yang berlebihan.

Mari mencari bugs punya orang lagi.. (haha)